Rabu, 14 April 2010

Profil Madrasah

PROFIL MTs ISTIQLAL JAKARTA

DASAR PENDIDIKAN MTs ISTIQLAL


Dan Ingatlah),ketika tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman);”bukankah aku tuhanmu?”Mereka menjawab;Betul (engkau tuhan kami),kami menjadi saksi”.(Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan:”sesungguhnya kami, adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Allah)”.Qs:Al-Araf;172

Setiap anak yang dilahirkan telah membawa fitrah beragama (perasaan percaya pada Allah) maka kedua orang tuanyalah yang menjadikan anak tersbut beragama yahudi, nasrani dan majus. Hadits

KONSEP PENDIDIKAN MTs ISTIQLAL


Madrasah Tsanawiyah Istiqlal mengembangkan konsep pendidikan dengan sistem “Learning by Doing dan Active Learning Integrasi nilai-nilai kehidupan beragama (Islam)”. Melalui metode dan strategi (klasikal,out bound, proyek-proyek maupun studi banding) dalam mencapai seluruh aspek perkembangan siswa yang didukung oleh kegiatan-kegiatan serta fasilitas yuang sesuai dalam mencapai tujuan pendidikan Madrasah Istiqlal.
Madrasah Tsanawiyah Istiqlal berusaha memberikan pelayanan maksimal dalam pengembangan pendidikan untuk menghantarkan menjadi siswa-siswa yang berprestasi dan berhasil serta memiliki bekal pengembangan diri di tingkat selanjutnya.
Madrasah Tsanawiyah Istiqlal memfasilitasi dengan media pembelajaran yang disesuaikan dengan materi dan perkembangan siswa guna mendukung tercapainya tujuan pendidikan.

Konsep ini sangat membutuhkan kerjasama yang baik antara sekolah dengan orangtua atau keluarga.


VISI :
Terselenggaranya lembaga pendidikan yang unggul dalam memfasilitasi dan mengoptimalkan perkembangan potensi peserta didik sejak usia dini agar menjadi khalifah yang dapat mengaplikasikan nilai-nilai kehidupan beragama.

MISI :
1. Terlaksananya ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari anak sesuai dengan kemampuan dan perkembangannya
2. Dapat menghasilkan lulusan yang berkepribadian dan berprestasi untuk meningkatkan kualitas umat dan generasi bangsa masa depan.
3. Memakmurkan Masjid Istiqlal sebagai tempat kegiatan pendidikan
4. Menjadikan Lembaga Pendidikan Masjid Istiqlal yang unggul,
kompetitif dan mampu bersaing sebagai contoh dan sumber informasi (Laboratorium) dalam pengembangan pendidikan nasional

TUJUAN

1. Menjadi contoh dalam penerapan Kurikulum Standar Nasional Integrasi Pendidikan Nilai-nilai Kehidupan Beragama
2. Menciptakan sebuah lingkungan yang nyaman dan aman bagi para siswa dalam melakukan kegiatan belajar mengajar
3. Meluluskan lulusan yang berprestasi dan mampu bersaing dimasa yang akan datang sehingga dapat meningkatkan prestasi Madrasah Istiqlal
4. Mampu mengadakan penelitian, bereksperimen, bereksplorasi dan mengaplikasikan konsep-konsep dalam kehidupan sehari-hari
5. Menciptakan lingkungan yang positif didukung tenaga pendidik dan non kependidikan yang professional, tangguh,jujur,amanah dan mampu bersaing dalam menaplikasikan nilai-nilai kehidupan beragama.
6. Menyiapkan sarana dan prasarana yang tepat sesuai kebutuhan pendidikan sehingga dapat mendukung proses pembelajaran.

TARGET

1. Mewujudkan lulusan yang berprestasi sehingga mampu bersaing di masa yang akan datang.
2. Memiliki bekal dasar untuk mengaplikasikan konsep dan nilai-nilai kehidupan beragama dalam kehidupan sehari-hari
3. Menjadikan Madrasah Istiqlal sebagai Pusat Sumber Belajar (Laboratorium) dalam mengembangkan konsep pendidikan integrasi nilai-nilai kehidupan beragama.
4. Sebagai contoh dalam pemanfaatan bahan limbah dan sumber daya alam sebagai media pendidikan.

RUANG LINGKUP KBM MTs ISTIQLAL

Kurikulum mengacu pada Kurikulum Standard Nasional Pendidikan Integrasi nilai-nilai kehidupan beragama yang dikembangkan sesuai dengan potensi dan karakteristik siswa
Dalam mendukung tercapainya tujuan pendidikan nasional yakni mencerdaskan kehidupan bangsa, perlu didukung oleh sebuah program yang tepat, untuk itu Madrasah Tsanawiyah Istiqlal merancang program yang akan disajikan kepada para siswa sehingga dapat diserap dengan baik dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari serta mudah-mudahan dapat meningkatkan kualitas para siswa dan prerstasi serta kemampuan mengaplikasikanya dalam kehidupan sehari-hari.


Sebagai acuan utama penyusunan program yang dikembangkan adalah : Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Standar Nasional Integrasi Pendidikan Nilai-nilai Kehidupan Beragama, yang merupakan ciri khas Madrasah Istiqlal mulai dari Kelompok Bermain sampai Madrasah Tsanawiyah.

Untuk mempermudah pemahaman struktur program di Madrasah Tsanawiyah Istiqlal, kami merancang pembagian bidang studi ke dalam 5 kelompok antara lain :

1. Kelompok bidang studi MIPA : Matematika, IPA Terpadu (Biologi,Fisika dan Kimia)
2. Kelompok bidang studi Agama : Aqidah Akhlak, Alquran Hadits dan Tarikh Kebudayaan Islam
3. Kelompok bidang studi Bahasa : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab
4. Kelompok bidang studi Umum : Penjaskes, IPS Terpadu, PKn dan Keterampilan
5. Kelompok Pengembangan Diri : Pramuka, Marawis/Nasyid, Menari,Tahsin, Kelompok Kerja Ilmiah, Paskibra,dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar